Institute for National and Democratic Studies

Pernyataan INDIES atas Keberhasilan Gerakan anti SE-2258

leave a comment »

Kawan-kawan yang terhormat

Atas nama INDIES, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan perjuangan menuntut pencabutan SE-2258/2007. Keberhasilan itu adalah kemenangan yang patut disyukuri, karena diraih dengan konsistensi dan kerja-keras yang tidak kenal lelah oleh kawan-kawan BMI sendiri.

Sekali lagi, keberhasilan ini membuktikan keampuhan gerakan massa dalam mendorong perubahan-perubahan yang signifikan pada tataran kebijakan untuk membuka ruang bagi adanya perbaikan-perbaikan kondisi di kemudian hari.

Saya kira kawan-kawan sepakat untuk memandang bahwa keberhasilan ini merupakan suatu langkah maju yang sebenarnya masih belum bisa menjawab setumpuk persoalan yang dialami oleh BMI yang bekerja di berbagai negeri.  Sedikit mengutip ucapan bung Wahyu Susilo, keberhasilan ini adalah “kemenangan kecil”  yang tidak akan berarti banyak bila kita tidak secara bijak memperlakukannya.

Tanpa bermaksud “menggurui”, apalagi “menceramahi” kawan-kawan yang sudah terlatih dalam arena perjuangan massa BMI, saya kira langkah paling bijak untuk kita semua bukan dengan membangga-banggakan diri apalagi mempertontonkan eksistensi. Kerja keras dan berminggu-minggu untuk mendesakkan pencabutan Surat Edaran 2258/2007 tidak akan ada hasilnya, bila yang dilakukan semata hanyalah hal-hal demikian.

Tindakan paling bijak pada saat kita sudah menuntaskan satu fase dalam praktik perjuangan, baik perjuangan yang berhasil maupun yang kalah atau gagal adalah melakukan konsolidasi (ulang) kemudian evaluasi dengan tetap melihat segalanya dari dua sisi secara obyektif.

“Kemenangan” atau “kekalahan” hanyalah fenomena yang tampak, fenomena yang didalamnya terdapat suatu hakikat yang intinya bisa jadi berisi komponen-komponen yang bertolak-belakang. Suatu kemenangan adalah rangkuman dari berbagai keberhasilan- keberhasilan yang barangkali tidak tampak. Demikian pula dengan kegagalan.

Konsolidasi dan evaluasi dengan tetap rendah hati dan senantiasa obyektif dimaksudkan untuk menarik pelajaran-pelajaran penting dari aksi-aksi yang dilakukan untuk menjadi bekal perjuangan di masa yang akan datang.

Kemudian sungguhlah bijak bila kita secara bersama-sama mau memandang bahwa keberhasilan ini sesungguhnya milik massa, milik orang banyak, milik mereka yang barangkali tidak sempat atau tidak memiliki keberanian untuk bicara di rapat-rapat apalagi berpidato dalam aksi-aksi.

Mereka adalah orang-orang yang dengan keterbatasannya masih memiliki kemauan dan kesediaan bekerja keras untuk melakukan perjuangan secara bersama-sama karena menyadari tidak ada tidak mungkin bila dilakukan secara bersama-sama.

Terakhir, selamat atas kemenangan yang diraih, tetap berjuang sampai menang!

Advertisements

Written by INDIES

February 18, 2008 at 4:54 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: