Institute for National and Democratic Studies

Sindikat Perdagangan Manusia ke Irak Digerebek Polisi

leave a comment »

KOMPAS, Minggu, 18 November 2007

Jakarta, Kompas – Tim polisi dari Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Jumat (16/11) pagi, menggerebek sebuah rumah yang digunakan untuk menampung tenaga kerja ilegal.

Polisi menangkap Gunawan (35) alias Fauzi, yang diduga selama lebih dari empat tahun ini terlibat dalam perdagangan manusia. Modus perdagangan tersebut yaitu menitipkan proses pengiriman tenaga kerja melalui perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) yang legal.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas, rumah yang digerebek tersebut beralamat di Jalan Kramat V, Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.

Gunawan, yang memiliki setidaknya lima kartu tanda penduduk ini, baru menyewa rumah itu selama dua pekan dengan harga sekitar Rp 8 juta per tahun. Dalam menjalankan praktiknya, Gunawan selalu menyewa rumah (untuk penampungan tenaga kerja) secara berganti-ganti.

Nining dari Migrant Care mengatakan, penangkapan Gunawan tersebut merupakan pengembangan kasus penipuan yang menimpa dua tenaga kerja Indonesia Elly Anita dan Darniati, yang dijual ke Irak.

Menurut Nining, kedua TKI itu sebenarnya diberangkatkan oleh PJTKI yang legal. Namun, setelah keduanya tiba di Jordania, agen di sana mengirim lagi ke Irak. Rupanya mereka ini dititipkan prosesnya ke PJTKI itu oleh calo seperti Gunawan, kata Nining.

Menurut penelusuran Migrant Care, modus titip proses seperti itu yang sebenarnya marak dalam pengiriman TKI ke luar negeri. Gunawan sendiri diduga telah mengirim ribuan TKI ke Timur Tengah. Saat ini juga masih tersisa ratusan TKI di Irak. (SF)

Advertisements

Written by INDIES

March 20, 2008 at 4:04 am

Posted in Iraq Wars, Kliping, Migran

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: