Institute for National and Democratic Studies

Harga BBM Naik, Banyak Nelayan Alih Profesi

leave a comment »

INDRAMAYU, (PRLM) – Para nelayan di Kab. Indramayu khususnya nelayan kecil yang menggunakan perahu di bawah 6 gross ton banyak yang alih profesi ke sektor lain, dan sebagian di antaranya menjadi pemulung. Mereka alih profesi karena tidak mampu bertahan menjadi nelayan akibat terjepit tingginya biaya produksi, setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Peofesi pemulung dipilih, karena sektor itu dinilai tidak berisiko dibandingkan profesi lain, seperti kerja serabutan yang sulit mendapat order atau menarik becak yang juga kurang laku. Hal itu akibat banyaknya warga masyarakat yang memiliki sepeda motor, karena kemudahan yang diberikan untuk mendapatkan kredit kendaraan.

Sinyalemen banyaknya nelayan yang alih profesi menjadi pemulung disampaikan Ketua Serikat Nelayan Tradisional (SNT) Kab. Indramayu, Kajidin, Selasa (17/6) di sekretariatnya di Kompleks Perumahan Nelayan di Desa Brondong, Kec. Indramayu. “Saya sudah tidak bisa ngomong soal sulitnya kehidupan nelayan pascakenaikan harga BBM. Tetapi yang pasti mereka banyak yang terpaksa alih profesi menjadi pemulung. Silahkan dilakukan pengecekan” kata Kajidin.

Dikatakan, sebelum kenaikan BBM biaya melaut perahu kecil jenis rampus yang jelajahnya hanya 4 sampai 6 mil bekal melautnya masih sekitar Rp 150.000,00, termasuk untuk pembelian solar sebanyak 30 liter. Dengan perolehan dari hasil lelang ikan sebesar antara Rp 200.000,00 hingga Rp 225.000,00 masih ada sisa keuntungan yang dibawa pulang untuk keluarga.

Dengan biaya melaut meningkat menjadi Rp 225.000,00 sampai Rp 250.000,00 sekali melaut, untuk bisa impas saja sudah untung. Sebab yang sering terjadi antara modal yang dikeluarkan dengan pendapatan jauh lebih kecil. “Karenanya banyak yang berhenti jadi nelayan dan menambat perahunya. Coba saja dilihat di sepanjang alur Sungai Song menuju ke muara,” ujar Kajidin menambahkan. (A-96/A-37)***

Pikiran Rakyat–Selasa, 17 Juni 2008 , 18:18:00

Advertisements

Written by INDIES

June 17, 2008 at 11:33 pm

Posted in Ketahanan Pangan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: